Selasa, 13 Januari 2009

up down presettable counter.

up down presettable two digit counter.


itu judul proyek elektronika digital gw,,.

manteph,,QRENz banget uda jadinya(hha lebaiii^^

tapi susah bener buatnya,secara gw bukan tukan listrik atau tukang solder(lha g ada hubunganny,.^
setelah kira2 2kali gw nyoba,,akhirnya perjuangan gw berhasil,,tinggal nunggu presentasinya aja de,.^^
doakan kawan^^









Up/Down Two Digits Presettable Counter

1. PENDAHULUAN
Two digit presettable up/down counter menggunakan 2 buah IC digital yang berbeda sebagai counters . Two CMOS 4510 presettable counters mengakhiri fungsi counting yang sama sebagai penjelasan dari IC yang sebelumnya, yaitu IC CMOS 4511 tetapi tidak menghubungkan rangkaian preset counter up and down dari IC CMOS 4510. Dua IC CMOS 4511 decoder/driver digunakan untuk menunjukkan fungsi dari 7- segment (two common cathode display) .

2. CARA KERJA
Up Counting
Sistem up counting " Four bits " logic counter . akan memilih code binary akan ditampilkan ke table yang akan dihubungkan ke tiap switch untuk preset counter untuk up counting dari angka 0 ke 9.
Down Counting
Presetting counter untuk penghitungan mundur akan selesai dengan jalur yang sama, akan menghitung mundur saat display telah mencapai bilangan 0.
Presetting the Counter
2 dari switch yang ada, salah satunya akan dijadikan sebagai preset pada tiap display(7-segment ) yang ada. Dapat dilihat dari table BCD. Tiap 4 bit yang ada akan menghasilhan suatu bilangan. Untuk preset bilangan, kita set switch untuk menghasilkan suatu nilai ON atau OFF. Lalu tekan Switch S3 untuk memproses preset kedalam counter.

Switch S1 ( SP2P ) dihubungkan dengan pin 10 dari 2 counter yang tertutup jika dihubungkan dengan kutub positif (+) .Counter yang dihubungkan, berubah naik dari 0 ke 99 dan turun dari 99 ke 0 ketika S1 di tekan.
Switch S2 ( push button ) akan mereset counter kapan saja saat mode switch ditekan.
Dengan bantuan 2N2222, transistor terhubung ke pin 15 dari kedua IC CMOS 4510, switch S4 ketika di tekan akan menghentikan perhitungan counter.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terima kasi yah
madridista89

Daftar Blog Saya

Entri Populer