Jumat, 06 Februari 2009

now!!i/m in plurk!!!


lw lyat tag baru yang ada di situs gw sekarang kan,.????
coba diliat dulu,,
di sebelah kiri atau di bawah nya,,.
ud??
nahh,,itu plurk,.!mungkin rada kaku n tabu (dikira ap??) apa itu plurk,
awal mulanya,,karena gw baca majalah,,disitu ada artikel tentang jejaring sosial 2009. Nah,,adalah namanya plurk,,biz itu langsung gw coba daftar,,
dan ternyata,,.seru men!yah,,kaya FB,FS,Atau twitter gitu,,tapi yang ini unik banget,,bisa dilyat kan, bentuknya aja unik,,lucu,dan kita bisa chat dengan lebih dari puluhan temen secara sekaligus,.
tapi yah ada kekurangannya juga,,minimalis dan simple banget,,mungkin yang baru baca ini rada bingung,,jadi gw saranin,angsung dibuat aja,,bs itu dicicipi(lho??
gw nyoba nyari artikelnya,,dapet. dari http://ivanlanin.wordpress.com/2008/06/09/plurk/

lebi lengkapnya bisa dibaca.,^^

Plurk adalah layanan jejaring sosial mikroblog yang diluncurkan pada sekitar Mei 2008. Layanan ini kurang lebih serupa dengan layanan dari Twitter, Jaiku, atau Pownce, yang mengizinkan penggunanya untuk mengirimkan pesan-pesan pendek, maksimum 140 karakter, melalui halaman web atau pengirim pesan instan. Pesan yang dikirim dapat diawali dengan penanda (qualifier) umum yang telah ditentukan (seperti “asks”, “is”) atau bebas tanpa awalan. Media gambar atau video dari Internet juga dapat dilampirkan dalam pesan-pesan ini. Pesan-pesan ini akan ditampilkan dalam bentuk garis waktu di halaman webnya yang selanjutnya masing-masing dapat dikomentari oleh orang lain.

Keaktifan plurker (istilah untuk pengguna plurk) dalam mengirim plurk (istilah untuk pesan di plurk) dan response (tanggapan terhadap suatu plurk) serta faktor lain seperti keaktifan teman dan jumlah perekrutan pengguna baru, akan memberikan nilai untuk pengguna yang disebut karma, yang akan memberikan tambahan fitur bagi pengguna tersebut.

Sewaktu neofreko pertama kali berkicau mengenai plurk, terus terang saya agak skeptis dengan Plurk. “Huh? Mikroblog baru lagi? Jaiku dan Pownce saja jarang sekali diperbarui.” Tapi begitu mendaftar, saya cukup terpukau dengan tampilan garis waktunya yang unik dan penanda pesan (qualifier)-nya yang berwarna-warni. Mungkin karena ini adalah layanan yang relatif baru, kurang begitu banyak rujukan yang saya temukan mengenai Plurk di Internet. Satu tulisan yang cukup komprehensif akhirnya saya temukan baru-baru ini.

Awalnya, pencarian teman menemukan sudah sekitar lima orang kontak saya yang terdaftar di Plurk. Merasa ini adalah layanan yang cukup bagus, saya mencoba mengundang beberapa kontak lain di buku alamat saya. Tapi tampaknya keputusan salah untuk mengundang seorang oknum gajah karena tak lama kemudian berbondong-bondong pasukan gajah masuk dan membuat penuh garis waktu saya :)

Penanda pesan (qualifier) saat ini disediakan dalam beberapa bahasa. Gosipnya, tak lama lagi bahasa Indonesia pun akan tersedia ;-)

Fitur utama

Berikut simpulan beberapa fitur menarik yang menurut saya menjadi kelebihan plurk:

* Tampilan unik berbentuk garis waktu grafis
* Personalisasi tampilan
* Penanda pesan berwarna
* Clique dan pesan pribadi
* Pemformatan pesan
* Berbagi media
* Pencarian teman
* Nilai karma

Usulan fitur

Berikut beberapa usulan fitur yang secara personal saya lihat perlu diterapkan:

* Menghapus atau menyunting tanggapan (response). Saat ini hanya plurk utama yang memiliki fitur ini.
* Markah pengapit pemformatan teks disertakan pada teks. Contoh **tebal** akan ditulis **tebal**. Seharusnya cukup tebal saja (tanpa asterik ganda).
* Tanda waktu pada tanggapan untuk mengetahui kapan suatu tanggapan dikirimkan

Ada suatu thread di digg yang dapat digunakan untuk mengumpulkan usulan mengenai fitur untuk plurk ini.

Bug

Beberapa bug yang ditemukan setelah sekitar seminggu terdaftar menjadi pengguna adalah:

* Tanda tanya (?), tanda seru (!), dan ampersan (&) tampaknya mematahkan parser pemformatan plurk. Contoh: **tebal?** atau *miring!* tidak akan menghasilkan pemformatan yang diinginkan.
* Permintaan pertemanan akan masuk ke bagian alert. Seharusnya begitu disetujui alert terkait akan hilang dari bagian ini. Dulu perilaku ini terjadi, tapi belakangan tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasi yah
madridista89

Daftar Blog Saya

Entri Populer