Jumat, 06 Februari 2009

tugas eldig gw,.^







Up/Down Two Digits Presettable Counter


1. Pendahuluan

Two digit presettable up/down counter menggunakan 2 buah IC digital yang berbeda sebagai counters . Two CMOS 4510 presettable counters mengakhiri fungsi counting yang sama sebagai penjelasan dari IC yang sebelumnya, yaitu IC CMOS 4511 tetapi tidak menghubungkan rangkaian preset counter up and down dari IC CMOS 4510. Dua IC CMOS 4511 decoder/driver digunakan untuk menunjukkan fungsi dari 7- segment (two common cathode display) .


2. Cara Kerja

Up Counting

Sistem up counting " Four bits " logic counter . akan memilih code binary akan ditampilkan ke table yang akan dihubungkan ke tiap switch untuk preset counter untuk up counting dari angka 0 ke 9.

Down Counting

Presetting counter untuk penghitungan mundur akan selesai dengan jalur yang sama, akan menghitung mundur saat display telah mencapai bilangan 0.

Presetting the Counter

2 dari switch yang ada, salah satunya akan dijadikan sebagai preset pada tiap display(7-segment ) yang ada. Dapat dilihat dari table BCD. Tiap 4 bit yang ada akan menghasilhan suatu bilangan. Untuk preset bilangan, kita set switch untuk menghasilkan suatu nilai ON atau OFF. Lalu tekan Switch S3 untuk memproses preset kedalam counter.



emang,,sebelum uAS dimulai,,mata kuliah eldig gw punya tugas akhir,,,disuruh buat rangkaian digital pake iC digital juga,pake display (7-segment) dan komponen yang lain,,
bingung,.!susah,,ribet!!
baru kuliah doang gw pegang yang namanya FeCl dan temen2nya,,alhasil penuh perjuangan buat bikinna,.
hha,,dari yang kena solder,terkontaminasi FeCl,,sampe begadang g karuan buat nyari kesalahan rangkaian yang gw buat dimana..,
tapi akhirnya selesai juga,,seneng banget,,mudah2an hasilnya bagus de,,i hope so,,
khusus buat bu Fira(dosen eldig gw)
cepet sembuh y bu,,.uda lama diajar ibu,,.(kmarin saya ke rumah sakit persahabatan,,ternyata ibu sudah pulangT.T

btw,gw ganteng juga yah,,hha narsiz^^

1 komentar:

  1. hi... kirimi lah cara kerja rangkaian dan kokmpnen2 pa ja yang di gunakan?? ke alamat ni ya Syaifan@gmail.com...
    makasih ya..

    BalasHapus

terima kasi yah
madridista89

Daftar Blog Saya

Entri Populer