Minggu, 19 April 2009

algoritma Stream cipher (RC4)

RC4 adalah cipher aliran yang digunakan secara luas pada sistem keamanan seperti protokol SSL ( Secure Socket Layer ). Algoritma kriptografi ini sederhana dan mudah diimplementasikan. RC4 dibuat oleh Ron Rivers dari Laboratorium RSA (RC adalah singkatan dari Ron’s Code).
RC4 membangkitkan aliran kunci (keystream) yang kemudian di-XOR-kan dengan plainteks pada waktu enkripsi (atau di-XOR-kan dengan bit-bit cipherteks pada waktu dekripsi). Tidak seperti cipher aliran yang memproses data dalam bit, RC4 memproses data dalam ukuran byte (1 byte = 8 bit). Untuk membangkitkan aliran kunci, cipher menggunakan status internal yang terdiri dari 2 bagian :
Permutasi angka 0 sampai 255 didalam larik S0, S1,…, S255. Permutasi merupakan fungsi dari kunci U dengan panjang variable.
Dua buah pencacah indeks, i, dan j.
Langkah algoritma RC4 adalah sebagai berikut,,..


1.Inisialisasi larik S sehingga S0 = 0, S1 = 1, …, S255 = 255
2.Jika panjang kunci U < 256, lakukan padding yaitu penambahan byte semua sehingga panjang kunci menjadi 256 byte. Misalnya U = “abc” yang hanya terdiri 3 byte (3 huruf), maka lakukan padding dengan penambahan byte (huruf) semu, misalnya U = “abcabcabc…” sampai panjang U mencapai 256 byte.
3.Lakukan permutasi terhadap nilai-nilai di dalam larik S dengan cara menukarkan isi larik S[ I ] denganS[ j ]
4.Bangkitkan aliran kunci (keystream) dan lakukan enkripsi.
Proses pembangkitan aliran kunci K dipilih dengan mengambil nilai S[i] dan S[j] dan menjumlahkannya dalam modulo 256. Hasil penjumlahan adalah indeks t sedemikian sehingga S[t] menjadi kunci aliran K yang kemudian digunakan untuk mengenkripsi plainteks ke-idx.
Karena karakter-karakter kunci di-copy bebrulang-ulang maka ada kemungkinan nilai-nilai di dalam larik S ada yang sama. RC4 juga mudah diserang dengan known-plaintext attack jika kriptanalis mengetahui beberapa buah plainteks dan cipherteks yan berkoresponden.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terima kasi yah
madridista89

Daftar Blog Saya

Entri Populer