Kamis, 26 Maret 2009

mata kuliah asim dan simetrik,,huffft^^



yah,,,sekarang gw uda masuk ke tingkat 2 semester empat,,
dapet matakuliah yang sangat berbeda dibanding semester lalu,,
sekarang dapet block n stream cipher yang waktu kurikulum yang sebelumnya namanya asimetrik dan simetrik cipher,,
selain 2 mata kuliah yang keren dan menantang itu,,masi ada lagi mikroprosesor yang dosennya berasal dari UI, peace pak Oscar^^ dan pemrograman web yang diajarkan pak rahmat purwoko.
yang jelas semester ini dan semester berikutnya sangat seru dan mengasyikkan banget,,
pengen bisa web ni^
mungkin untuk bahan kuliah yang akan diajarkan,,akan gw coba nyari referensinya dan gw posting kesini,,
hhe,,
mulai dari simetrik dan asimetrik,,.
pas pertama kali gw denger,,dalam bayangan dan mindset gw,,."PASTI susah banget nih"
harus banyak baca dan belajar,,byar g keteteran,,hhehe

tentang Sistem Kriptografi…
Sistem kriptografi itu terbagi dalam dua bagian, yaitu simetrik dan asimetrik. Apa bedanya ???perbedaan yang mendasar banget ternyata terletak pada kunci yang digunakan dari system tersebut.



Pertama, tentang system kriptografi simetrik, dilihat dari katanya aja, “ simetrik”, artinya sama.. nah.. tadi sudah dijelaskan bahwa perbedaan yang mendasar terletak pada kunci, itu artinya dalam simetrik bahwa kunci yang digunakan adalah sama,si pengirim dan si penerima harus sama – sama saling mengetahui, dan itu artinya bawa sysjavascript:void(0)tem ini hanya menggunakan satu kunci saja.

Sedangkan system kriptografi asimetrik, prinsipnya disini setiap user mempunyai dua kunci yaitu public key dan private key. Kunci public bisa diketahui oleh siapapun, dan digunakan untuk mengenkripsi berita dan memverifikasi tanda tangan (digital signature).

Sedangkan kunci privat hanya diketahui oleh penerima, digunakan untuk mendeskripsi berita dan membuat tanda tangan. Dalam system asimetrik ini dapat menggunakan aplikasi dari Teori Bilanagn dan fungsi matematika yang mudah dihitunng sedangkan fungsi balikannya sulit dihitung.

Di atas artel ini bisa dilihat perbandingan system kriptografi simetrik dan asimetrik
4mie.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terima kasi yah
madridista89

Daftar Blog Saya

Entri Populer