Senin, 22 Juni 2009

FOKRI PTK (forum Rohis PTK)

A. Latar Belakang Berdirinya FOKRI PTK

Terbentuknya Forum Kerjasama Rohani Islam Perguruan Tinggi Kedinasan (FOKRI PTK) melalui proses yang cukup panjang. Pembentukan Forum ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan para Aktivis Da’wah Kampus (ADK) Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) untuk menyearahkan langkah dalam menghidupkan pembinaan dan pembaruan budaya kampus menuju terwujudnya kampus yang cerah dan islami.

Dalam organisasi ini terdapat tiga fakctor penting yang memperkuat tekad untuk segera bergabung dalam menyelaraskan ritme da’wah. Diantaranya :

- Adanya kesamaan warna pendidikan dalam hal ikatan dinas. Kondisi ini sangat erat kaitannya dengan suasana pendidikan baik dalam hal proses pembelajaran maupun keterkaitannya dengan peraturan-peraturan lembaga atau institusi terkait yang tentunya jauh lebih ketat dan khusus dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta lainnya.

- Mental senioritas yang cukup kental dalam tataran mahasiswa atau taruna. Keadaan tersebut tentunya menjadi fenomena yang cukup unik untuk disikapi. Peluang ini dapat mengantarkan kepada pemanfaatan yang positif dan negatif. Kepatuhan seorang yunior kepada senior yang hampir tak terakomodasi oleh filter akal dan nurani membentuk pola fikir dan karakter psikologi tersendiri.

- Posisi strategis dalam kantong-kantong batang tubuh pemerintah pasca masa pendidikan. Mahasiswa atau taruna lulusan PTK dipastikan menjadi praktisi atau tenaga ahli yang akan berkecimpung banyak dalam mengelola negeri ini. Oleh karena itu, pembentukan kader-kader yang komitmen dalam mengemban amanah umat harus berjalan secara simultan dan dinamis, sehingga perlu sekali adanya penyatuan pandangan, tekad dan aktifitas dalam sebuah ruang yang mewadahi.




B. PERJALANAN SEJARAH DAN DINAMIKA PERKEMBANGAN ORGANISASI

Cikal bakal terbentuknya kerjasama ROHIS antar PTK diawali oleh adanya kerjasama internal antara 4 (empat) perguruan tinggi, yaitu : STIS, STAN, Poltek GT, dan STPI Curug. Maka pada tahun 1997 terbentuklah Forum Mahasiswa Kedinasan Se-Jabotabek dan disingkat dengan FORMASI Se JABOTABEK.

Namun pada masa akhir periode kepengurusannya tahun 1998, nama forum disepakati untuk diganti melaui Rapat Akbar yang dihadiri oleh 10 (sepuluh) PTK, yaitu : STAN, STIS, Poltek GT, STPI Curug, AKIP, AMG, STP, STIP, STP, dan STTD. Rapat Akbar yang dilaksanakan pada hari Ahad, 5 Juli 1998 tersebut menetapkan bergantinya nama dari Forum Komunikasi Sekolah Kedinasan Se-JABOTAEBK yang disingkat dengan FORSINAS Se-JABOTABEK.

Ditengah terjadinya kemelut reformasi dan memanasnya suhu politik nasional, FOKRI PTK Se- JABOTABEK menyelenggarakan Rapat Akbar Jama’ah pada hari sabtu-Ahad tanggal 29-30 April 2001. Rapat Akbar menetapkan Politeknik Gajah Tunggal sebagai BPH unutk periode kepengurusan tahun 2001/2002. Disamping itu Rapat Akbar juga menetapkan perubahan nama FOKRI PTK Se-JABOTABEK menjadi Forum Kerjasama Rohani Islam Perguruan Tinggi Kedinasan dan di singkat FOKRI PTK. Dengan demikian orientasi da’wah forum tidak lagi terbatas pada lingkup Perguruan Tinggi Kedinasan yang ada di wilayah Jakarta-Bogor- Tangerang-Bekasi saja. tetapi telah meluas pada tataran nasional

Melihat Visi dan misi Organisai FOKRI PTK yang didalamnya terdapat tiga fakctor penting yang memperkuat tekad untuk segera bergabung dalam menyelaraskan ritme da’wah yang telah disebutkan diatas maka pada Musyawarah Akbar tanggal 1 Juli 2001Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakaeta, Akademi Sandi Negara ( AKSARA) Bogor, dan Akademi Imigrasi (AIM) Jakarta telah memutuskan untuk bergabung dalam organisasi ini.

C. KESIMPULAN YANG DAPAT DITETAPKAN DALAM MUSYAWARAH

1. Menyempurnakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga FOKRI PTK

2. MENETAPKAN DAN MENGESAHKAN Garis-garis besar haluan Organisasi (GBHO) dan Garis-garis Besar Haluan Kerja (GBHK) FOKRI PTK masa kepengurusan 2002/2003.

3. Meminta, mengevaluas, menolak atau menerima laopran pertanggungjawaban Badan Pengurus Harian FOKRI PTK masa kepengurusan 2001/2002;

4. Menetapkan keanggotaan baru FOKRI-PTK;

5. Membantu Majlis Pertimbangan FOKRI PTK masa kepengurusan 2002/2003.

6. Membentuk Majlis Pertimbangan FOKRI PTK masa kepengurusan 2002/2003.

7. Membentuk Badan Pengurus Harian FOKRI PTK masa kepengurusan 2002/2003

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terima kasi yah
madridista89

Daftar Blog Saya

Entri Populer