Kamis, 23 Juli 2009

HOT news ni!

tadi sempet pengen nyari artikel tentang astronomi,,.
ternyata dapet dari www.kompas.com,.
katanya besok itu ada gerhana matahari ya??
bener ga si,,secara,gw aja blum pernah lyat gerhana matahari secara langsung,hhe
cuma lyat dari gampar waktu SD atau SMP,,
mw lebih jelasnya lyat aja artikelnya langsung,,.^^



BANDA ACEH, KOMPAS.com — Berbahagialah masyarakat Kota Banda Aceh dan Sabang karena diperkirakan bisa menyaksikan gerhana matahari total terlama dalam abad ini.

Warga Kota Banda Aceh dan Sabang, Provinsi Aceh, akan bisa menyaksikan gerhana matahari total, yang diperkirakan bakal terjadi pada Rabu pukul 07.15 WIB.

"Gerhana matahari bisa disaksikan di Banda Aceh dan Sabang mulai pukul 07.15 WIB dan puncaknya pada 07.59 WIB, yang berakhir pada 08.49 WIB," kata Staf Subbidang Gravitasi dan Tanda Waktu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pusat, Rukman, yang dihubungi dari Banda Aceh, Selasa (21/7).

Gerhana matahari ini diperkirakan terjadi sejak awal hingga puncak. Fenomena alam yang berlangsung selama satu jam 34 menit itu pun hanya memiliki persentase ketertutupan piringan matahari yang ditutup piringan bulan 29,7 persen.





Gerhana matahari yang disaksikan warga di Banda Aceh dan Sabang bukan merupakan gerhana matahari total, tetapi hanya gerhana matahari sebagian.

"Untuk melihat gerhana matahari yang paling baik arah pandang ke sebelah timur, tapi sebaiknya tidak melihat langsung tanpa alat karena dapat merusak mata," katanya.

Lebih lanjut, Rukman menjelaskan, peristiwa alam itu juga dapat dilihat di Sumatera Barat; Jambi; Indonesia bagian utara, yaitu Kalimantan bagian utara; Maluku bagian utara; serta Papua dan Jayapura yang terjadi pada pukul 11.12 WITA.

Gerhana matahari total itu secara maksimal akan terlihat di Kota Shanghai, China, selama enam menit. Peredaran gerhana matahari dari barat hingga timur wilayah China kemudian akan menghilang di Samudra Pasifik selama lima jam.

Gerhana nantinya akan dimulai saat bayangan penumbra bulan untuk pertama kalinya sampai ke permukaan bumi pada pukul 23.58 GMT atau 06.58 WIB, dan berakhir saat terakhir kali penumbra bulan menyentuh bagian terluar piringan bumi pada pukul 05.12 GMT atau 12.12 WIB.

BNJ
Sumber : Ant

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terima kasi yah
madridista89

Daftar Blog Saya

Entri Populer