Kamis, 10 Juni 2010

Perkenalan tentang Zero Knowledge Proofs


bingung dengan maksud gambar diatas??hhe..ada si peggy ama si victor.. yang bingung langsung aja,..

Tepatnya istilah satu ini saya dapet ketika lagi pelajaran pak didik, alias mata kuliah tentang protokol, istilah yang bener2 baru buat orang awam seperti saya ini,,hhe..
langsung aja, jadi secara umum zero knowledge proof berarti pembuktian tanpa membocorkan informasi apapun.gimana bisa tu??? Nah dari pengertian sederhana ini, zero knowledge proof dapat dimaknai sebagai cara untuk membuktikan bahwa suatu pihak mengetaui rahasia kepada pihak lain tapa membocorkan rahasia.

Istilah ini bisa diilustrasikan sebagai orang yang berada di dalam gua. Guanya memiliki pintu rahasia yang hanya bisa dibuka dengan menggunakan kata rahasia. Di dalam gua itu hanya terdapat dua orang yakni Peggy dan Victor. Peggy mengaku mengetahui kata rahasia untuk membuka pintu itu, tetapi ketika Peggy diminta untuk membuktikannnya, Peggy tidak mau memberitahukan kata kuncinya kepada Victor. Cara yang digunakan Peggy untuk membuktikan bahwa ia tahu kata rahasia tanpa memberitahukannya kepada Victor adalah dengan menggunakan zero knowledge proof.


Peggy dalam hal ini adalah pihak yang akan membuktikan bahwa ia mengetahui rahasia disebut dengan Prover, sedangkan Victor dalam hal ini adalah pihak yang diyakinkan disebut dengan verifier. Gambar di bawah ini adalah ilustrasi zero knowledge proof di dalam gua.

Gua itu memiliki 2 jalur untuk sampai ke pintu rahasia yaitu jalur A dan jalur B. Langkah-langkah pembuktiannya adalah sebagai berikut :

1. Victor barada di posisi A, sedangkan Peggy berada di posisi B.
2. Peggy akan berjalan menuju ke pintu dengan menggunakan jalan C atau D sesuai dengan keinginan Peggy dan dilakukan secara acak.
3. Setelah itu, Victor akan berjalan ke posisi B dan dia meneriakkan jalan C atau D sesuai dengan keinginannya agar Peggy berjalan kea rah posisi B dengan menggunakan jalan itu.
4. Jika Peggy tahu kata rahasia, maka ia akan mampu menuruti semua permintaan Victor, tetapi jika ia ingin mengelabuhi Victor, maka Peggy memiliki probabilitas setangah untuk berhasil.
5. Agar pembuktian yang dilakukan akurat maka langkah 1 sapai 5 harus diulang n kali dan Victor percaya jika Peggy mampu memenuhi seluruh peemintaan Victor.
sumber


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terima kasi yah
madridista89

Daftar Blog Saya

Entri Populer