Senin, 11 Agustus 2008

hash function.(pengenalan,..

sekarang gw lagi ngerjain ini di lahb,,hmm dapet tugas untuk buat buku,,dan gw kedapetan bab tentang fungsi hash,,nahh ini dia,


Anda mengenal MD2, MD4, MD5?. Yang pasti, yang saya lampirkan tersebut bukanlah jenis production house .Mungkin pembaca belum mengetahui yang sebenarnya mengenai itu semua. Hash function, Ya, Kali ini saya akan membahas funsi tersebut dalam bab ini.
Jadi, Fungsi hash sering juga disebut fungsi enkripsi satu arah, atau disebut juga message diggest. Fungsi hash digunakan untuk menjamin servis otentikasi dan integritas suatu pesan atau file. Kita ambil contoh, jika suatu fungsi hash h memetakan bit-bit string dengan panjang sembarang ke sebuah string dengan panjang tertentu misal n. Dengan domain D dan range R maka :
h : D ® R dan çD ç> êR ê
Proses pemetaan suatu input string menjadi output disebut proses hashing. Output dari fungsi hash disebut nilai hash atau hasil hash.
Fungsi hash adalah fungsi many to one, sehingga memungkinkan adanya collision.
Jadi, secara umum fungsi hash harus memiliki 2 sifat dasar yaitu :
1) sifat kompresi, suatu fungsi h yang memetakan suatu input x dengan panjang sembarang ke output y = h(x) dengan panjang tetap n; dan
2 ) mudah dihitung, suatu sifat dengan diberikan fungsi h dan sebuah input x, maka y mudah dihitung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasi yah
madridista89

Daftar Blog Saya

Entri Populer