Kamis, 07 Agustus 2008

layout posting di Blogger

Beberapa kerabat netter yang sudah mulai gandrung dengan blogger, sering bertanya "gimana sih nampilkan posting supaya yang muncul pertama itu Head Line-nya saja dan bisa dilanjutkan dengan klik pada 'Read More...'?". (Khusus untuk Template Baru, bukan Template Clasik).

Hal ini juga pernah teralami oleh saya sendiri. Akhirnya saya dapat tips dari teman2 blogger yang baik-baik ini. Maka saya pun menggunakan itu. Dan buktinya sekarang sudah tampil sebagaimana yang diharapkan. Caranya ?

Langkah Pertama:

Login dulu ke blogger anda. Kemudian anda Klik pada LAYOUT >>TEMPLATE>>Edit HTML. Setelah masuk ke editor HTML disana anda akan melihat script code yang memusingkan. Jangan takut ga usah dipikirin. JANGAN LUPA! Centang dulu checklist Expand Template Widget. Kemudian cari kode dengan cara Find di browser anda untuk kode di bawah ini:

>


Atau pada template lain bisa saja kode seperti dibawah ini :


Jika sudah ketemu, maka copy-kan dibawahnya kode dibawah ini:






Dibawah kode diatas, temukan kode dibawah ini:




Setelah kode:

simpan kode dibawah ini:

Untuk text "Read More", anda bisa mengganti dengan kata-kata yang anda suka. Misalnya:Baca Selanjutnya..., Seterusnya...., Lihat selengkapnya..., dsb. dsb. Sesuai selera anda.

Setelah itu klik SIMPAN TEMPLATE.

SELESAI? Belum. Tenang dulu, sabar....
Anda harus mengikuti langkah berikutnya (langkah kedua), di bawah ini:

Langkah Kedua :

Klik PENGATURAN >>klik Format. Cari Box isian TEMPLATE POSTING. Nah! Pada kotak isian itu anda harus memasukkan kode dibawah ini:



di dalam kotak editor anda. Sebenarnya ini boleh dibuat, boleh juga tidak. Bedanya, kalau dibuat, maka setiap anda posting baru, pasti muncul script diatas pada editor blogger anda. Nah!, langkah berikutnya adalah memulai membuat posting. Agar postingan anda bisa muncul "Read More...", caranya sbb:

Head line, atau pengantar artikel anda harus disimpan sebelum kode ini ==>

Ini adalah contoh penulisan headline untuk pengantar sebelum Read More. bla..bla..bla.. kemudian bla.. bla.. bla


Perubahan layout pada artikel agar dapat muncul Read More ternyata tidak sulit. Jadi tidak perlu takut dan bingung kalau hanya sekedar merubah kode-kode yang berbahasa dewa itu. Oke?!

Kemudian klik pada MEMPUBLIKASIKAN POSTING. Lihat hasil postingan anda di LIHAT BLOG.Maka jreng...! jreng...! horeeee...berhasil! berhasil...! berhasil...! (kata Dora the Explorer). Hehehehe.

CATATAN: jika tidak muncul, atau munculnya masih tidak karuan, biasanya ada masalah di tag HTML-nya. Yaitu kode

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terima kasi yah
madridista89

Daftar Blog Saya

Entri Populer