Kamis, 12 Maret 2009

selamat ulang tahun STSN^^

emank uda lama kalo nglyat tanggal dies natalis STSN,,hampir sebulan yang lalu,,
Tapi g ada salahnya kalo saya ingetin semuanya yah tentang asal mula berdirinya STSN,,dari peningkatan status dari D-III (AKSARA) hingga sampai saat ini D-IV (STSN)

senat mahasiswa STSN kemarin buat acara dies natalis yang dilaksanakn di kampus bumi sanapati,,kebetulan koordinatornya biro PKHP Senat mahasiswa STSN,,(mentang2 gw jadi stafnya,,hhe narsis,.)
yang jelas,,acara nya seru n menarik,,dengan segala keterbatasan yang ada,,,acara dilaksanain di lapangan basket STSN,,sebelum acara berlangsung,,,penuh perjuangan yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa(terutama tingkat I),,dari bersiin lapangan, sampe berdoa semoga selama acara g turun hujan,,.

eyh ternyata bener,,,
selesai acara itu,,hujan langsung turun,,(kaya uda di atur banget deh)hhe

nie sepenggal kisah STSN:^^

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) adalah Perguruan Tinggi Kedinasan Lembaga Sandi Negara RI yang menyelenggarakan 2 (dua) Program Studi yaitu Program Studi Manajemen Persandian dan Program Studi Teknik Persandian. Untuk Program Studi Teknik Persandian dibagi menjadi 2 (dua) bidang minat yaitu Teknik Kripto dan Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi. STSN didirikan berdasarkan surat Mendiknas Nomor 19/MPN/2002 tanggal 17 Januari 2002, dan dengan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2003 tanggal 17 April tentang Pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara.

STSN adalah satu-satunya pendidikan tinggi persandian di Indonesia yang diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara RI. STSN merupakan peningkatan status dari Akademi Sandi Negara (AKSARA) atau Pendidikan Ahli Madya Sandi (PAMS) dalam rangka memenuhi kebutuhan peningkatan kualitas SDM aparatur bidang persandian yang mampu menjawab tantangan perkembangan teknologi informasi dan ancaman terhadap pengamanan informasi rahasia Negara. Sedangkan AKSARA yang mengakhiri programnya pada tahun 2004, sejak berdiri tahun 1974 telah menghasilkan lulusan sebanyak 28 angkatan yang alumninya tersebar di berbagai instansi pemerintah dan BUMN.


Sistem Pendidikan

A.STSN menyelenggarakan pendidikan professional dalam bidang persandian, dan merupakan program Diploma IV.
B.STSN memiliki 2 (dua) program studi yaitu :
1.Program Studi Manajemen Persandian dengan beban studi 149 SKS. Lulusannnya diharapkan memiliki kompetensi : desain jaringan komunikasi, analisis kebutuhan operasional persandian, dan analisis kebijakan persandian.
2.Program studi Teknik Persandian
- Bidang Minat Rancang Bangun Peralatan Sandi : 153 SKS
- Bidang Minat tekknik Kripto : 151 SKS
Lulusannya diharapkan memiliki kompetensi : desain algoritma sandi, rancang bangun peralatan sandi, dan kriptnalisis.
C.STSN merupakan pendidikan berasrama yang mewajibkan mahasiswanya tinggal di asrama selama mengikuti pendidikan dengan wajib mematuhi peraturan kehidupan mahasiswa dan peraturan urusan dinas dalam.
D.Kegiatan pendidikan meliputi bidang akademik dan bidang pengasuhan yang diselenggarakan secara seimbang, berkesinambungan dan saking mendukung dengan berpedoman pada tujuan pendidikan.
E.Pendidikan dilaksanakan dengan system paket di mana evaluasi pendidikan dilaksanakan setiap semester malalui Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS), di mana setiap semester digunakan sistem gugur.
F.Tahun Akademik dibagi dalam dua semester, dimulai pada bulan September dan berakhir pada bulan Agustus tahun berikutnya.


Prospek Lulusan

Mahasiswa STSN terdiri dari mahasiswa ikatan dinas dan mahasiswa tugas belajar. Untuk mahasiswa ikatan dinas direkrut dari lulusan SMA/Madrasah Aliyah dengan persyaratan tertentu. Memasuki tingkat II, untuk mahasiswa ikatan dinas aman diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
STSN sebagai perguruan tinggi kedinasan menghasilkan lulusan yang nantinya bekerja untuk mengisi jabatan-jabatan negeri dalam bidang persandian. Lulusan STSN dapat bekerja di Lembaga Sandi Negara Ri atau Unit Teknis Persandian yang tersebar di berbagai instansi pemerintah dan TNI/POLRI. Ilmu persandian merupakan multidisiplin ilmu sehingga pengembangan kemampuan lulusan STSN dilakukan melalui pendidikan ke jenjang lebih tinggi pada disiplin ilmu pendukungnya, misal : matematika, computer, elektronika, dan telekomunikasi.

1 komentar:

  1. slm kenal kak...
    aku mau ikut TO tgl 3 mei nanti.......
    doakan biar sukses

    BalasHapus

terima kasi yah
madridista89

Daftar Blog Saya

Entri Populer