Jumat, 11 Desember 2009

ada yang uda tau HILLS,,.????


ini salah satu tugas saat kami tingkat I, yaitu sistem sandi HILLS. Kebetulan buat juga programnya dalam bahasa pemrograman C.. waktu pertama kali dikasi tugas,,,"arghhh bingung codingnya!!!??" akhirnya salah satu dari kami minta tutor dari abang abangnya tentang tugas  ini,,hhe=P,,engg ingg engg,, dapet tugas punya dari bang dinis (angkatan 3), kita modif dan minta diajarinn,,akhirnya bisa dehh,,
dibawah ini adalah sedikit tentang HILLS, bagi yang bingung atau g tau sistem sandi apaan tu,,.
langsung diliat aja,,
akan dilampirkan dalm C nya juga..

Salah satu dari sistem sandi klasik yang ada yaitu Sistem Hills Linear Transformation. Sistem ini menggunakan beberapa perhitungan matematis seperti fungsi polinomial dan matriks serta subtitusi sehingga cukup mudah untuk diimplementasikan dalam program. Sistem Hills ini dikategorikan menjadi empat, yaitu monographic substitution, digraphic substitution, trigraphic substitution dan polygraphic substitution.




Monographic substitution adalah sistem Hills yang penyandiannya dilakukan satu huruf- satu huruf. Digraphic substitution adalah sistem Hills yang penyandiannya dilakukan dengan memroses dua huruf-dua huruf. Untuk trigraphic substitution proses penyandiannya dilakukan tiga huruf- tiga huruf. Sedangkan polygraphic substitution proses penyandiannya dilakukan lebih dari tiga huruf.

Latar Belakang
Dewasa ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat dan maju. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini mempunyai pengaruh yang besar dalam bidang persandian. Dengan berkembangnya teknologi maka berkembang pula teknologi yang digunakan dalam bidang persandian. Banyak orang bersaing untuk menciptakan suatu sistem sandi yang kuat dan mudah dalam implementasinya.
Dalam perkembangannya, tentunya tidak dilupakan sistem sandi dasar atau dikenal dengan sistem sandi klasik. Bagaimanapun juga, semua sistem sandi yang ada sekarang ini berawal dari sistem sandi klasik. Salah satu dari sistem sandi klasik yang ada yaitu Sistem Hills Linear Transformation. Sistem ini menggunakan beberapa perhitungan matematis seperti fungsi polinomial dan matriks serta subtitusi sehingga cukup mudah untuk diimplementasikan dalam program. Dengan adanya program ini tidak perlu lagi digunakan paper and pencil untuk mencari ciphertext dan plaintext-nya. Salah satu bahasa pemrograman yang mudah pengoperasiannya serta kode- kode program yang sederhana adalah bahasa pemrograman C.


Pembatasan Masalah
Aplikasi dari sistem Hills Linear Transformation membahas tentang proses menyandi dan membuka sistem monographic substitution, digraphic substitution dan trigraphic substitution. Dan pengaplikasiannya dengan menggunakan pemrograman bahasa C.

Metode Riset
Metode riset yang digunakan adalah dengan pengumpulan bahan dari literatur yang ada, baik dari bahasa pemrograman C maupun dari Sistem Hills serta diskusi dalam kelompok.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terima kasi yah
madridista89

Daftar Blog Saya

Entri Populer