Selasa, 12 Januari 2010

FTP (LENGKAP,,.)^


A. Definisi
FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.

FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.

FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, (2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mentransfer data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.
FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login, yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail.

B. Struktur FTP
Dengan begitu tersedianya beragam informasi di Internet, seringkali pengguna ingin mengcopy
file tersebut. Sebagai contoh, bila ditemukan file atau program yang menarik dan berhubungan dengan masalah yang dihadapi, untuk itu biasanya dilakukan modifikasi pada program tersebut sesuai dengan kebutuhan. Hal ini tidak mungkin dilakukan modifikasi file tersebut pada remote login, yang dilakukan adalah file tersebut dicopy ke mesin local dan kemudian baru dimodifikasi. Fasilitas untuk melakukan ini adalah dengan menggunakn FTP.

Proses ftp menggunakan ftp sebagai client, dan ftpd sebagai server. Tetapi berbeda dengan koneksi telnet, ada 2 jenis koneksi yang terjadi. Sesuai dengan namanya, tugas protocol ftp ini adalah mentransfer file dari computer satu ke komputer lainnya. Ini tidak tergantung dari lokasi komputer itu berada, bagaimana cara koneksinya, atau bahkan sistem operasinya. Selama komputer tersebut mempunyai akses ke Internet , berarti fasilitas ftp bisa digunakan. Dengan kata lain selama sistem komputer tersebut memiliki protocol TCP/IP, maka fasilitas ftp dapat digunakan.
Seperti juga telnet, ftp juga mempunyai akses berbagai macam database dan service. Dapat ditemukan berbagai macam dari file artikel hinggai software dengan cuma-cuma. Bagi seorang peneliti maka fasilitas ftp sangat membantu dalam membantu kerja dan ada yang menganggap bahwa ftp merupakan suatu sarana umum untuk saling membagi data.

FTP adalah program yang complex karena ada beberapa cara untuk memanipulasi file dan struktur file. Beberapa format untuk menyimpan (binary atau ASCII, compress atau uncompress, dll) dan ada beberapa cara tambahan untuk mendapatkannya secara benar. Akan dibahas juga sekilas tentang FTP anonymous. Hampir semua public archives mempunyai fasilitas ini.

C. Protocol FTP


Protocol FTP menggunakan 4 karakter ASCII yang diakhiri dengan karakter NEWLINE. Beberapa kode membutuhkan parameter setelah kode tersebut. Keuntungan menggunakan karakter ASCII, adalah untuk memudahkan user melihat aliran perintah dalam upaya pemeriksaan pentrasnferan file.. Juga memudahkan untuk mengakses ftpserver tanpa menggunakan FTP client.

D. MATERI
FTP adalah salah satu dari pelayanan Internet yang banyak digunakan. Dengan FTP pemakai dapat menyalin file-file dari satu komputer ke komputer yang lain. File-file tersebut dapat berisi segala macam informasi yang dapat disimpan dalam sebuah komputer, misalnya : teks ASCII, teks terformat, gambar, suara, dan lain-lain.

User menggunakan fasilitas ftp dengan menggunakan program ftp client. Pada sistem operasi UNIX yang telah dilengkapi dengan TCP/IP telah disertakan pula program ftp, sedangkan untuk sistem operasi lainnya harus ditambahkan misal :
• [ WS FTP untuk Windows 3.1 dan Windows NT, dan Windows 95
• [ FTP Chameleon
• [ Minuet, dan NCSA ftpbin untuk DOS

Ketika seorang user mulai menjalankan ftp-client dan melakukan koneksi dengan ftp server, maka setelah terjadi koneksi lazimnya akan diikuti dengan:
• [ Login : memverifikasi user ID dan password
• [ Penentuan direktori : menentukan direktori permulaan. Direktori di komputer user (ftp
• client) dikenal dengan direktori lokal, sedangkan direktori di ftp server disebut direktori
remote.
• [ Penentuan modus transfer file, binary atau ascii.
• Memulai transfer data. Proses menyalin file dari sebuah komputer lain ke komputer
pemakai dikenal dengan istilah download, sedangkan proses menyalin file dari komputer
pemakai ke sebuah komputer yang lain dikenal dengan istilah upload.
• Mengakhiri transfer data.

Di dalam pemakaian FTP, dikenal ada 2 macam hak akses bagi pemakai, yakni :
• Setiap pemakai dapat menggunakan FTP untuk mengakses sebuah host (dengan gratis). Hal ini dikenal sebagai anonymous FTP. Pemakaian anonymous FTP ini adalah dengan cara memasukkan loginnya anonymous dan passwordnya dapat berupa alamat mail atau guest atau tanpa password (tergantung dari host yang akan dituju).
• Hanya pemakai tertentu saja yang dapat menggunakan FTP untuk mengakses sebuah host (biasanya pemakai tersebut merupakan anggotanya - dengan biaya tertentu) Pemakaian FTP ini adalah dengan cara memasukkan loginnya dan passwordnya sesuai dengan yang telah didaftarkan sebelumnya.

E. APLIKASI
1. FTP Third Party Transfer
FTP memungkinkan terjadinya penggunaan mesin ketiga diantara ftp-client dan ftp-server. Prosedur ini dikenal dengan third party transfer. Dapat digunakan bila user tersebut memiliki hak untuk melakukan hal tersebut pada mesin di yang terletak di antara ftp client dan ftp server (yaitu mesin ketiga.

Ketika melakukan suatu koneksi third-party, client memulai koneksi dan mengontrol koneksi antara mesin remote dan clinent kedua akan menangani pengendalian channel. Hanya control channel yang dilewatkan ke client kedua. Bila proses transfer dimulai, maka permintaan transfer akan dikirim ke ke client yang kedua, yang merupakan ftp server bagi client pertama. Akan dilakukan pemeriksaan keabsahan dan ijin, kemudian akan meneruskan perintah ini ke server ke dua. Data transfer akan berlangsung secara langsung, karena pemeriksaan ijin dan keabsahan hanya dilakukan pada control channel.

2. Anonymous FTP
Anonymous FTP adalah fasilitas yang disediakan mempermudah akses ke public domain file. Sebagai contoh, bila suatu paket sofware ingin didistribusikan ke setiap orang, software tersebut harus diletakkan dalam sistem dan dihilangkannya kombinasi login/password agar setiap orang dapat mengakses paket software tadi. Ini sangat riskan untuk administrator dan juga untuk user. Anonymous FTP menghilangkan keterbatasan itu, file-file tertentu dapat diakses tanpa harus memberikan login name dan password.

Sudah barang tentu, fasilitas yang disediakan oleh anonymous FTP terbatas, biasanya hanya dapat mengcopy file tersebut, tidak dapat menginstall file baru atau memodifikasi file yang sudah ada dan tidak semua file dapat dicopy. Dengan menggunakan anonymous FTP, login dilakukan dengan menggunakan anonymous.

Bila mulai FTP, maka digunakan anonymous sebagai login name, FTP akan menerima setiap string sebagai password. Pada umumnya lebih baik digunakan alamat e-mail sebagai password. Ini untuk mempermudah system administrator mengetahui siapa yang memakai dan dapat dengan mudah mengontak kita jika terjadi sesuatu (pada kenyataannya, banyak system yang meminta address e-mail sebagai password sebelum system itu memperbolehkan pengguna login). Beberapa sistem mewajibkan menambahkan tanda (-) di depan password untuk menghindari ketidak kompatibelan sistem. Host yang menyediakan fasilitas ftp-anonymous dikenal juga dengan nama ftp-anonymous-site



2 komentar:

  1. mas mau tanya :
    bisakah menambah keamanan pada FTP...?seperti enkripsi

    BalasHapus
  2. bisa mas,,
    dengan menggunakan dongle mikrokontroller,,
    senior saya sudah melakukannya untuk enkripsi nya,,

    BalasHapus

terima kasi yah
madridista89

Daftar Blog Saya

Entri Populer