Minggu, 07 Maret 2010

ini dia Quantum Cryptography (first)

Bruce Schneier, ahli kriptografi, mengungkapkan pengembangan proteksi jaringan dengan kriptografi kuantum benar-benar tidak berguna. Bruce Schneier pertama kali menggunakan kriptografi kuantum di jaringan pada minggu lalu di Austria, namun terdapat sedikit perbedaaan dengan teorinya. Ide dasar pembuatan kriptografi kuantum ini memang mengagumkan, secara teori, namun pada kenyataannya, menjadi kurang berguna.

Setiap kriptografi kuantum tidak menyelesaikan semua kriptografi. Kunci akan ditukar dengan foton atau satuan energi dalam cahaya, namun sebenarnya untuk proses enkripsinya hanya menggunakan algoritma matematik konvensional. Schneier mengatakan bahwa ada point terlemah dari jaringan bukan terletak pada proses transmisi data, namun dari endpoint jaringan. Untuk itu, kriptografi kuantum justru tidak dapat memecahkan dasar masalahnya.

Kriptografi kuantum tampak seperti melindungi user dari adanya attacker dengan meletakkan sesuatu yang besar di ground. Namun, menurut Schneier, ternyata hal tersebut tidak berguna karena sesuatu tersebut seharusnya berada di ketinggian 50 feet atau 100 feet, karena jika tidak maka attacker pasti masih dapat menjangkaunya. Sistem kriptografi kuantum benar-benar berlandaskan di sebuah aplikasi Heisenberg Uncertainty Principle, yang akan broadcast secara luas, namun sulit untuk mengamati informasi kuantum tanpa mengubahnya.

Hal ini akan memungkinkan seseorang dapat mendengarkan broadcast kuantum secara diam-diam atau yang disebut eavesdropper, karena kriptografi kuantum ini diletakkan di data yang telah diubah sehingga dapat secara mudah diketahui attacker dan jaringan menjadi shut down. Walaupun kuantum memiliki banyak kelemahan, namun pada intinya terdapat satu kelemahan dari kriptografi simetris tersebut. Kelemahan yang dimaksud adalah attacker hanya membutuhkan separuh waktu untuk memecahkan kunci, dan kunci tersebut dapat secara mudah ditebak dengan menambah jumlah kunci.



8 komentar:

  1. keren,,makasih buat articlenya..

    BalasHapus
  2. iya semoga bermanfaat yaa,,

    BalasHapus
  3. informasi yang menarik..
    Tx for the info..

    BalasHapus
  4. hari ini #212212 dari slashdot, quantum crypto ktnya dah kebreak ya?
    duh feedjit..APP.removeIp()

    BalasHapus
  5. INI MAH SADURAN DARI LINTAS BERITA.COM SEPERTINYA..

    BalasHapus

terima kasi yah
madridista89

Daftar Blog Saya

Entri Populer