Jumat, 05 Maret 2010

Statistik Untuk Uji Keacakan Barisan

Statistika untuk Uji Keacakan Barisan

Kunci adalah bagian yang penting dalam sebuah kriptografi. Kerchoff menyatakan bahwa asumsi yang dipakai oleh semua pendesain algoritma adalah semua algoritma itu publish sehingga kekuatan algoritma terletak pada kekuatan kunci yang digunakan.

Dalam mengamankan kunci, ada beberapa cara yang digunakan termasuk di dalamnya adalah menejemen kunci. Manajemen kunci adalah teknik dan prosedur yang digunkaan untuk memelihara kunci agar dapat digunakan oleh pihak yang berkepentingan dari mulai pembangkitan kunci sampai penghancurannya.

Selain prosedur yang harus benar, secara kriptografi kunci yang digunakan harus memenuhi syarat tertentu. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah kunci yang digunakan acak dan tidak dapat diprediksi. Untuk menghasilkan kunci yang memenuhi syarat tersebut, maka digunakan sumber alam sebagai Random Number Generator. RNG biasa didapat dari hasil alam yang acak dan tidak dapat diprediksi misalnya suhu, pergerakan bumi, dan lainnya. Tetapi untuk kepentingan kriptograi yang membutuhkan jumlah kunci yang sangat besar, cara ini kurang cocok karena tidak memenuhi semua kebutuhan kriptografi.

Cara lain yang dilakukan yaitu menggunakan PRNG yang merupakan sebuah fungsi yang deterministik yang bisa menghasilkan barisan kunci yang mirip trully random. Karena PRNG adalah sebuah fungsi, maka dalam jangka waktu tertentu kunci yang dihasilkan akan berulang. Selain itu dalam penggunaan di kriptografi jenis kunci yang dihasilkan oleh PRNG perlu diuji apakah memenuhi syarat yang diajukan oleh algoritma.

Banyak uji yang sudah dipublish termasuk NIST, diehard, FIPS. Uji dibagi menjadi tiga yaitu untuk barisan bit, digit, dan barisan abjad.
Sumber



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terima kasi yah
madridista89

Daftar Blog Saya

Entri Populer