Selasa, 23 Maret 2010

Sedikit tentang Contactless SmartCard



istilah smart card saya temuin saat membaca tugas akhir salah satu dari senior saya, bang Khusnul Khafid, angkatan III. pasti temen temen bingung atau bahkan tidak mengerti sama sekali apa yang dimaksud dengan "contactless", secara gampangnya contactless itu adalah proses "membaca" data dari suatu hardware dalam hal ini adalah smart card dengan memanfaatkan frekuensi atau perantrara lain dalam membaca data tersebut.hhe

atau bahasa kerennya contactless smartcard is in any pocket-sized card with embedded integrated circuits which can process and store data.
jelaskan?. nih lebih jelasnya.

Salah satu teknologi dalam "perantara" itu adalah Radio Frequency Identification (RFID). RFID merupakan teknologi identifikasi berbasis gelombang radio. Era biometrik memang kini mulai jadi trend.

Teknologi yang menjiwai CSC pada dasarnya bukanlah teknologi baru. Teknologi ini merupakan teknologi lama yang dikembangulangkan pada bidang smart card. Teknologi inti yang menjadi jiwa CSC adalah teknologi Radio Frequency Identification (RFID). Transfer data antara kartu dan alat baca (Reader) dilakukan secara wireless Nirkabel.

Sebuah kartu CSC adalah sebuah pemancar mini dan pasif yang ditanamkan pada kartu plastik. Kartu bersifat pasif karena tidak terdapat baterai pada kartu. Catuan (energi) didapatkan melalui penangkapan Gelombang Elektro Magnetik (GEM) di udara oleh antena yang terdapat di dalam CSC.

Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) merupakan inti dari sebuah Contactless Smart Card (CSC). Materi ini akan mengantarkan pada pemahaman aplikasi RFID yang merupakan teknologi kunci dari Contactless Smart Card (CSC). Teknologi ini mempunyai kemampuan untuk memproses informasi, bukan hanya menyimpannya. Mereka dapat memastikan bahwa pembaca mencoba mengakses kartu yang benar adalah satu, dan memungkinkan pembaca tertentu untuk mengakses informasi yang hanya diperbolehkan untuk membaca. Dengan penambahan Personal Identification Number (PIN) atau elemen biometric, akses yang tidak sah bisa lebih dicegah.

gimana?itu penjelasan sedikit tentang contactless smart card,..





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terima kasi yah
madridista89

Daftar Blog Saya

Entri Populer