Selasa, 23 Maret 2010

Yang Bingung Untuk Mencari Kuliah ...(Akademi Imigrasi)

kemarin info tentang kedinasan baru Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran(STIP), dan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara,,.
kali ini akan dijelaskan sedikit tentang Akademi Imigrasi,,cekidot^


Buat teman-teman yang masih kebingungan dengan alternative kuliah nantinya atau merasa perkuliahan sekarang masih kurang yang diinginkan, ini adalah beberapa informasi tentang Akademi Ilmu Imigrasi yang info nya saya dapatkan dari berbagai sumber karena system seleksi yang kurang terbuka bagi umum layaknya sekolah tinggi kedinasan lain.

Akademi Imigrasi (AIM) adalah pendidikan kedinasan yang bernaung dibawah Departemen Hukum & Hak Asasi Manusia RI. AIM bertujuan mencetak kader pimpinan di lingkungan Ditjen imigrasi dan Depkumham masa depan dimana lulusannya kelak akan ditempatkan di seluruh kantor imigrasi di Indonesia dan atau di perwakilan imigrasi di luar negeri. Pembentukan akademi ini ditetapkan dalam Keputusan Menteri Hukum dan Perundang-undangan Republik Indonesia, nomor:M.08-DL.01-05 tahun 2000 tentang Pedoman Pengajaran, Pelatihan dan Pengasuhan pada Akademi Imigrasi. Dalam keputusan tersebut dijelaskan bahwa dalam proses pendidikan di AIM terdapat tiga bagian pendidikan, yaitu pengajaran, pelatihan, dan pengasuhan.

Pengajaran di AlM adalah upaya pendidikan yang berbentuk kuliah, ceramah dan instruksi di kelas dengan tujuan untuk memperoleh, memperdalam dan memperluas ilmu dan pengetahuan akademis dalam pembentukan kepribadian taruna AIM dengan titik berat pada aspek kecerdasan dan kemampuan intelektual.

Pelatihan bertujuan membentuk taruna agar memiliki kemampuan dan penguasaan pengetahuan tentang keimigrasian, dengan dilandasi kepribadian dan kepemimpinan yang tangguh, dengan titik berat pada aspek keterampilan yang mengacu pada profesionalisme.

Bagi lulusan AIM yang telah di wisuda akan mendapat Brevet Pejabat Imigrasi (PI) dan langsung mengikuti Pendidikan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di Pusat Pendidikan Reserse dan Kriminal Polri di Cisarua, Bogor.

Lama pendidikan

Pendidikan dilaksanakan selama tiga tahun yang diawali Pendidikan Dasar Kesamaptaan dibawah pengawasan Korps Marinir dan atau Korps Brimob (tiga tahun terakhir dilakukan secara bergantian di Bumi Marinir Cilandak dan Pusat Brimob Kelapa Dua ), yang dilanjutkan dengan masa BASIS, yaitu Persiapan dan Pengenalan Kehidupan Taruna kepada calon taruna di Ksatrian AIM-Pusdiklat Depkum & HAM RI selama tiga bulan.

Praktek kerja

Praktek dilaksanakan dalam tiga tahap:

Tahap I: Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) yang dilakukan pada akhir semester 2.

Tahap II: Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan pada akhir semester 4.

Tahap III: Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan pada akhir semester 6.

Penerimaan

Ujian penerimaan dilakukan dengan menggunakan sistem gugur yang meliputi tes kelengkapan administrasi dan tinggi badan, tes kesehatan dan jasmani (samapta), psikotes, tes skolastik/akademik, wawancara, dan pantukhir (pemantauan terakhir).

Lokasi

Lokasi Kampus AIM atau yang biasa disebut Ksatrian AIM terletak di Badan Pengembangan SDM Hukum dan HAM (BPSDM) Depkumham RI di Jalan Raya Gandul, Cinere-Kotif Depok, Jawa Barat.

Fasilitas pendidikan

Setiap taruna AIM diberi fasilitas asrama dan seluruh perlengkapan dan atribut taruna, meliputi seragam PDO (kakaian dinas olahraga), PDL (pakaian dinas lapangan), PDH (pakaian dinas harian), PDU (pakaian dinas upacara), PDP (pakaian dinas pesiar), seragam marching band serta atribut lain seperti topi pet, baret hingga sepatu. Setiap bulannya, taruna AIM juga memperoleh uang saku dan pesiar setiap satu minggu sekali.

Ksatrian AIM juga dilengkapi dengan sarana olahraga seperti lapangan sepak bola, basket, voli, tenis dan gym, serta laboratorium bahasa Inggris dan komputer.

Syarat-syaratnya adalah seperti ini :

1. Tinggi minimal 170 Cm (laki-laki) / 160 Cm (wanita)
2. Sehat Jasmani dan Tidak Berkacamata , tidak buta warna
3. Nilai Bahasa Inggris di Raport Kelas 1 s/d 3 SMA rata-rata Nilai 7 dan tidak ada nilai 6-nya. Maksudnya : Akan lebih bagus nilai Bhs Inggrisnya mulai Semester 1 s/d 6 = 7 semua ketimbang Semester 1 = nilai 6 trus di
semester 6 ada nilai 8-nya. Jadi minimal rata 7.
4. Tidak ada tato, bekas tato, tidak ada tindikan, dan bekas tindikan (pria)
5. Bersedia ditempatkan di seluruh Kantor Imigrasi di wilyah NKRI
6. Kartu Kuning Depnaker dan SKKB dari Polres setempat
7. Tidak mengidap HIV (dibuktikan dengan hasil tes darah)
8. Paru-paru sehat (dibuktikan dengan foto ronthgen thorax)
9. Surat Sehat dari Rumah Sakit pemerintah (tes urine dll)

10. WNI umur min. 18 tahun max. 22 tahun pada tanggal yang ditentukan kemudian

11. Mempunyai sertifikat komputer dan bahasa inggris

Silahkan saja coba mendaftar ke sini

*Akademi Imigrasi (AIM)
Jl. Raya Gandul, Cinere
Depok

*atau Kantor Imigrasi dan Kantor Wilayah Departemen Hukum & HAM terdekat*

Dari sumber terbaik : http://www.opensubscriber.com/message/e-ketawa@yahoogroups.com/10400941.html




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terima kasi yah
madridista89

Daftar Blog Saya

Entri Populer