Kamis, 01 April 2010

Domain itu apa yaaa??


Domain name….

Merupakan sebuah cara untuk kita merepresentasikan sebuah alamat yang sebenarnya bentuknya angka2… Dalam postingan sebelumnya (coba cari deh…klo ga salah di postingan buat email) telah saya jelaskan sedikit tentang domain ini.. Tapi saya akan mengulasnya sedikit lagi disini (maaf yah repost)

Koneksi antar komputer telah demikian pesatnya maju dan berkembang. Mungkin orang-orang dulu memikirkan gimana caranya supaya setiap perangkat komputer dapat melakukan hubungan satu sama lain dengan mudah. Untuk itulah diciptakan suatu sistem yang dapat mendefinisikan hubungan antar komputer.

Maaf ya saya pake bahasa non teknis (soalnya saya ga ngerti bahasa teknis). Gampangnya begini (sori benar2 repost), Sebuah komputer itu diibaratkan sebuah rumah. Maka rumah tentunya memiliki alamat, sehingga seseorang yang ingin bertemu dengan orang lain pergi ke rumah orang yang ditujunya (bahasanya ribet yah?). Yah kalo Anda ingin menemui teman Anda tentunya Anda pergi ke rumah teman tersebut. Pertama sebelum pergi ke rumah teman pastinya kita harus udah tau alamatnya. Kalo belom tau gimana? ya tanya dong…..

Sebuah komputer dalam jaringan komputer baik internet maupun intranet pastilah memiliki alamat… kalau nda percaya cobalah tanya pada tukang pos… hehehe…

Komputer yang terhubung dengan jaringan LAN/internet memiliki suatu alamat ip (internet protocol) tertentu… misalnya komputer gw ipnya 124.81.82.2, maka dengan mengetahui alamat ip tersebut, komputer lain di jaringan yang terhubung akan bisa berkomunikasi dengan gw.

—> nah… klo jaringan internet gimana?

sama aja, setiap komputer yang terhubung dengan internet pasti punya alamat ip, misalnya ketika kita ingin mengakses komputer (server)nya google, maka kita harus tau alamat ipnya…. Ribet yah kalo kita mesti tau setiap alamat ip tersebut….

Gw bakalan bego setengah mati kalo mesti ngapalin alamat2 ip gitu… masa gw kalo mau akses google harus mengetikkan ip address 74.125.77.104.. bisa sih.. tapi ribet dan gak praktis.. untuk itkulah ada sebuah sistem yang kemungkinan dibuat untuk memudahkan pengalamatan di internet (gw juga ga tau maksudnya si pembuat). Akan sangat jauh lebih mudah menghapalkan google.co.id ketimbang angka-angka…. tul gak?

Oke.. tapi kok bisa begitu yah?

internet kan terlalu luas.. disana mungkin terdapat lebih dari 4 milyar IP Address.. gimana cara mengorganisirnya yah? gw juga bingung cuy…

bahasa sederhananya, ada sebuah pusat penerjemahan domain name (cthnya. google.com) ke suatu ip address tertentu (74.x.x.x). nah biasanya translator ini disebut sebagai DNS (domain name system).

gitu aja deh dulu…. mohon masukannya yah
sumber



17 komentar:

  1. Artikel yang mudah dicerna dengan bahasa gaul anak muda dan komunikatif. Salam sukses.

    BalasHapus
  2. nice info, dan sya skrng tau domin itu apa,,,

    BalasHapus
  3. Wah, artikel yg bagus,,,,
    bahasanya jg gampang di cerna....
    nice info,,,makasih

    BalasHapus
  4. thx yaa infonyaa,,
    maaf newbie ni

    BalasHapus
  5. sama sama,,semoga bermanfaat yaa....

    BalasHapus
  6. makasi uda komentar ya,,,,sukses..

    BalasHapus

terima kasi yah
madridista89

Daftar Blog Saya

Entri Populer