Jumat, 09 April 2010

iAd Tawarkan Model Iklan Berbeda daripada Google


CUPERTINO, KOMPAS.com - Sesuai prediksi, Apple pun masuk ke bisnis iklan mobile yang akan didistribusikan melalui perangkat-perangkat buatannya bersaing dengan Google dan vendor lainnya. CEO Apple Steve Jobs menyebut platform iklan mobile tersebut dengan nama iAd.

iAd memungkinkan pengembang aplikasi tetap bisa menuai keuntungan meski dengan aplikasi gratisan sekalipun maupun aplikasi berbayar. Iklan tersebut bisa disipkan dalam aplikasi buatan mereka dan keuntungannya akan dibagi dengan pola bagi hasil 60 persen untuk pengembang dan 40 persen untuk Apple.

Jobs menyatakan iAd berpeluang menghasilkan hingga 1 miliar impresi iklan per hari dari puluhan juta pengguna perangkat buatan Apple. Ia mengatakan sampai saat ini Apple telah menjual sekitar 50 juta iPhone belum termasuk iPad dan iPod Touch.

Menurut Tim Bajarin, presiden perusahaan konsultan Creative Strategies, terobosan yang dilakukan Apple menjanjikan distribusi iklan dengan cara baru. Apple juga bakal mengambil ceruk pasar iklan mobile yang belum diincar Google yang saat ini masih fokus pada iklan berbasis layanan pencarian.

"Jelas sekali bahwa Jobs yakin bahwa iklan dalam konteks aplikasi lebih menjanjikan daripada layanan pencarian mobile yang generik," ujar Bajarain seperti dilansir Reuters, Kamis (8/4/2010). Layanan iklan mobile diperkirakan akan naik 78 persen tahun ini mencapai nilia 1,6 miliar dollar AS sesuai prediksi firma analis Gartner.

iAd akan tersedia pada iPhone 4.0 yang akan dirilis mulai musim panas tahun ini atau sekitar Juni 2010. iPhone 4.0 sendiri tidak hanya akan hadir di perangkat baru Apple, namun juga bisa digunakan pada iPhone 3G, iPhone 3GS, serta iPod Touch generasi kedua dan ketiga.



5 komentar:

  1. sama2 ,,,semoga bermanfaat yaa

    BalasHapus
  2. nice info sekali,memang Apple ga pernah behenti berinovasi dari segi teknologi maupun dari segi marketing..

    BalasHapus

terima kasi yah
madridista89

Daftar Blog Saya

Entri Populer