Kamis, 01 April 2010

Instalasi jaringan pada Linux

Linux tentunya memiliki keunggulan dalam bidang jaringan, karena selain bias menjadi client juga bias menjadi server pada saat yang bersamaan. Hal ini tentunya sangat membantu terutama bagi para programmer dan webmaster yang membutuhkan penggunaan server. Terutama bagi mereka yang menggunakan apache, cgi, dan php.
Selain itu linux juga memiliki kelebihan untuk bias berhubungan dengan system Operasi lainnya seperti windows 9.x, windows ME, windows 2000, XP,Mac OS, Amiga, Atari, Sun, dan keluarga unix lainnya.
Segala kelebihan tersebut diatas tentunya akan sia sia jika kita tidak bias menghubungkan computer linux dengan jaringan Komputer lainnya.
Ketikkan perintah:

root@madridista89:/home/madridista89 $> ifconfig

pada dasarnya hampir semua distro linux sudah mengaktifkan modul kernel untuk pengenalan kartu jaringan, jika ternyata kernel belum mengenali kartu jaringan anda, anda bias mengktifkannya dengan membuka /etc/rc.d/rc.modules. jika anda tidak dapat menemukannya juga, anda bias mencarinya di /lib/modules/net atau /etc/conf.modules untuk melihat konfigurasi semua modul yang aktif.
Untuk selanjutnya mengaktifkan alamat IP Ethernet
Agar computer kita bias dikenal oleh server dan computer lain pada jaringan. Untuk mengaktifkan alamat IP Ethernet, anda bias mengetikkan perintah dbawah ini:

root@madridista89:$>ifconfig etho 192.168.1.1 broadcast 192.168.1.255 netmask 255.255.255.0

Netstat (network statistics) merupakan program berbasis teks yang berfungsi untuk memantau koneksi jaringan pada suatu komputer, baik itu jaringan lokal (LAN) maupun jaringan internet. Netstat akan menampilkan koneksi jaringan, tabel routing, statistic interface, koneksi masquerade, pesan netlink dan anggota multicat. Perintah ini digunakan misalkan suatu ketika kita sedang internetan kemudian tiba tiba koneksi menjadi sangat lambat dan dicurigai ada program di komputer kita yang jadi penyebabnya.

Var/run/dbus/system_bus_socket

Ping digunakan untuk mencoba koneksi ke suatu jaringan. apakah sudah terkoneksi jaringan atau tidak. Ping mengirim sebuah ICMP ECHO_REQUEST paket ke host tertentu. jika host itu merespon, Anda akan mendapatkan ICMP paket kembali.Format penulisannya adalah

ping [ip address/host name].

Traceroute berguna sebagai alat diagnosa jaringan. traceroute akan menampilkan tiap-tiap host yang di lewati oleh paket pada saat mencoba menuju tujuannya. Anda dapat melihat berapa banyak “Lompatan” yang dilalui untuk menuju suatu situs. Cara penulisannya adalah traceroute [host name].contoh:

root@madridista89:$> traceroute www.facebook.com

Host dapat kita lakukan seperti ini. host dipergunakan untuk menterjemahkan nama ke alamat IP. Itu adalah sebuah program utilitas yang sangat cepat dan mudah tanpa banyak fungsi. Penulisannya host [host name].Contoh :

root@madridista89:$> host www.google.com

Telnet mengizinkan Anda masuk kedalam komputer, jika Anda telah berada pada terminal. Ketika nama dan kata sandi Anda terbukti, Anda akan diberikan sebuah shell prompt. Dari sini, Anda bisa melakukan semua hal yang membutuhkan konsol teks. Menuliskan email, membaca newsgroup, memindahkan berkas, dan sebagainya. Jika Anda menjalankan X dan Anda telnet ke mesin lain, Anda bisa menjalankan program-program X pada komputer remote dan menampilkannya pada komputer Anda. Cara penulisannya adalah telnet [host name].

root@madridista89:$> telnet 192.168.78.5





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

terima kasi yah
madridista89

Daftar Blog Saya

Entri Populer